Sabtu, 11 Juni 2011

Tiga Alasan Nenek Manjakan Cucu

img

Di mata seorang cucu, nenek seperti pahlawan yang selalu membelanya. Bahkan orangtua dan anak bisa ribut gara-gara beda cara mendidik si anak tersebut. Besarnya kasih sayang nenek terhadap cucu ternyata didukung tiga faktor.

Namun terkadang perilaku nenek yang kelewat memanjakan cucunya bisa membuat anak menjadi pribadi yang manja dan tidak mau mengalah (egois). Ini karena jika keinginannya tidak dituruti atau sedang dimarahi oleh orangtua, anak tersebut pasti akan meminta perlindungan dari sang nenek. Dan nenek yang terlalu memanjakan cucunya akan selalu membelanya. Ternyata ada tiga hal yang menyebabkan seorang nenek sangat memanjakan cucunya, seperti dikutip dari Families, Rabu (7/10/2009), yaitu:

Waktu
Biasanya nenek memiliki waktu yang lebih banyak dibandingkan dengan orangtua, karena kebanyakan nenek sudah tidak bekerja sehingga bisa seharian di rumah dan sudah tidak memiliki stres akibat pekerjaan. Hal ini berarti jika cucu datang mengunjungi neneknya, nenek akan sangat gembira dan keduanya bisa menghabiskan waktu bersama yang lebih banyak. Serta karena sudah terbebas dari stres akibat kerjaan dan merasa tidak ada beban hidup, maka nenek akan jarang sekali memarahi cucunya.

Uang
Kebutuhan hidup seorang nenek biasanya tidak sebanyak kebutuhan orangtua, sehingga uang yang dimilikinya akan dihabiskan untuk memberikan sesuatu pada orang-orang yang dicintainya terutama sang cucu. Karena itu seorang nenek akan memanjakan cucunya dengan selalu menuruti permintaannya dan sering memberikannya hadiah atau barang-barang meskipun tidak sedang berulang tahun.

Cinta
Ada pepatah yang mengatakan bahwa alasan seseorang mempunyai anak adalah agar bisa memiliki cucu, karena itu biasanya cinta yang diberikan nenek lebih besar kepada cucu daripada anaknya sendiri. Sebagian besar cucu merasa senang karena dirinya jarang sekali mendapat masalah jika bersama sang nenek. Cinta yang terlampau besar dari sang nenek kadang bisa menjadikan cucunya orang yang egois saat dewasa nanti.

Itulah sebabnya mengapa seorang nenek sangat memanjakan cucunya, karena kehadiran seorang cucu bisa membuatnya lebih bahagia dan tidak merasa kesepian. Terkadang kelakuan dari cucunya bisa memberikan warna tersendiri dalam hidup seorang nenek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar